cover
Contact Name
Rita Mutiarni
Contact Email
rita.dewantara@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lp2ki.dewantara@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Comvice : Journal of community service
ISSN : 26158507     EISSN : 26221713     DOI : -
Core Subject : Economy,
COMVICE: Journal community of cervices diterbitkan oleh Lembaga Publikasi dan Penerbitan Karya Ilmiah STIE PGRI Dewantara Jombang mulai tahun april 2017 dan konsisten sampai saat ini terbit dua kali setiap tahun yaitu pada bulan April dan Oktober, jurnal ini diterbitkan untuk mempublikasikan karya ilmiah di bidang pengabdian pada masyarakat khusus yang berkaitan dengan rekayasa sosial dalam pemberdayaan masyarakat, ekonomi, usaha kecil mikro dan menengah, upaya pemberantasan kemiskinan dan masalah-masalah sosial ekonomi di masyarakat.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2022): April (2022)" : 5 Documents clear
Pelatihan Frozen Food dan Digital Marketing Bumdes Murni Jaya Guna Meningkatkan Perekonomian Saat Pandemi Yuniep Mujati Suaidah; Abdul Muzaki
COMVICE: Journal Of Community Service Vol. 6 No. 1 (2022): April (2022)
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26533/comvice.v6i1.857

Abstract

Abstrak Pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang diprakarsai oleh pemerintah pusat langsung ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah Jombang, dengan pemberian dana stimulus untuk setiap desa, termasuk desa Sumbermulyo yang terletak di kecamatan Jogoroto, Jombang dengan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Murni Jaya. BUMDes Murni Jaya memiliki jenis usaha yang menarik yaitu kolam pancing. Dalam perkembangannya, pengelolaan kolam pancing di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Murni Jaya sudah cukup baik namun dalam kegiatan pemasaran dan pengelolaan ikan lele yang masih kurang. Untuk itu, penulis bersama team mahasiswa melakukan kegiatan pembenahan pemasaran dan pengelolahan ikan lele di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Murni Jaya, antara lain: 1) Pengelolahan Ikan Lele Menjadi Frozen Food, 2) Digital Marketing Kolam Pancing. Kegiatan tersebut telah diselesaikan dengan baik oleh penulis bersama team mahasiswa dan mendapat respon yang baik dari BUMDEs Murni Jaya
Pendampingan Digital Marketing Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Puri Makmur Guna Optimalisasi Pemasaran Omi Pramiana; Muhammad Rivaldo Gilang
COMVICE: Journal Of Community Service Vol. 6 No. 1 (2022): April (2022)
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26533/comvice.v6i1.858

Abstract

Abstrak Pendirian Badan Usaha Milik Desa di pelopori oleh pemerintah pusat langsung ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah Kabupaten Jombang dan pelaksanaan dibawah naungan pemerintah Desa setempat. Salah satu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di wilayah Kabupaten Jombang adalah BUMDes Puri Makmur yang terletak di Desa Purisemanding, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang dengan jenis usaha simpan pinjam. Dalam perkembangannya, pengelolaan keuangan di Badan Usaha Milik Desa Puri Makmur kurang baik karena mengalami kredit macet. Untuk itu, penulis bersama tim mahasiswa yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Purisemanding melakukan kegiatan untuk membantu menyelesaikan kesulitan yang di hadapi BUMDes Puri Makmur di desa Purisemanding, antara lain: 1) Penyusunan struktur organisasi BUMDes, 2) Pembuatan logo BUMDes 3) Sosialisasi tentang kewirausahaan untuk meningkatkan jiwa usaha di masyarakat setempat, 4) Membuat akun promosi melalui media sosial untuk meningkatkan penjualan produk UMKM setempat dibawah naungan BUMDes Puri Makmur. Kegiatan tersebut telah diselesaikan dengan baik oleh penulis bersama tim mahasiswa KKN. Kegiatan ini akan dilanjutkan pada semester genap tahun akademik 2021/2022 dengan sasaran kegiatan adalah perbaikan akun promosi yang melek digital.
Diseminasi Teknologi Pengelolaan Pam Desa “SIPAMDES” Berbasis Website di Desa Kaligading Mega Novita; Rahmat Robi Waliyansyah; Nugroho Dwi Saputro; Bambang Agus Herlambang
COMVICE: Journal Of Community Service Vol. 6 No. 1 (2022): April (2022)
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26533/comvice.v6i1.860

Abstract

Desa Kaligading yang terletak di Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah, memiliki usaha pengadaaan air bersih yang diperoleh dari sumur bor yang dikelola oleh 6 titik wilayah. Seluruh saluran mulai dari mata air hingga siap pakai oleh konsumen didukung dengan ketersediaan Perusahaan Air Minum (PAM). Sayangnya, pengelolaan PAM di Desa Kaligading masih belum baik, karena masih menggunakan metode manual yaitu pencatatan oleh petugas tiap bulan berdasarkan catatan petugas. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh tim penulis berupa diseminasi teknologi pengelolaan dan pencatatan penggunaan air yang disebut SIPAMDES. Kegiatan ini dapat diselesaikan dengan baik dan membawa manfaat yaitu: 1) membatu pengurus PAM Desa dalam mengola data, 2) melayani proses pembayaran dan informasi dengan lebih cepat, lengkap dan akurat, 3) pelanggan dapat mengetahui informasi tagihan atau tunggakan yang belum dibayar, 4) pelanggan dapat menyampaikan pengaduan.
Membangun Jiwa Enterpreneurship Para Wanita Di Desa Jatijajar Qristin Violinda; Suwarno Suwarno; Dwi Prasetyo; Pipit Mugi Handayani; Iin Purnamasari
COMVICE: Journal Of Community Service Vol. 6 No. 1 (2022): April (2022)
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26533/comvice.v6i1.893

Abstract

Para wanita di Desa Jatijajar dihadapkan pada masalah yang kontradiktif yaitu tuntutan pemenuhan ekonomi namun kemampuan dan kecakapan yang dimiliki masih rendah. Prioritas utama dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah upaya meningkatkan kualitas hidup wanita yang dilakukan dalam program pemberdayaan wanita melalui pelatihan enterpreneurship pada kelompok wanita melalui pemanfaatan potensi alam setempat yang ada di lingkungan. Kegiatan PKM ini dilakukan secara intensif yaitu berupa pelaksanaan workshop serta pendampingan mencakup straegi bisnis, keuangan, pemasaran sampai dengan pengajuan Nomor Ijin berusaha dan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-PIRT). Mitra kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Desa Jatijajar.Hasil akhir kegiatan ini yaitu dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan entrepreneurship wanita di desa Jatijajar dari 45% meningkat menjadi 85%.
Penerapan Manajemen Produksi Dan Manajemen Pemasaran Guna Peningkatan Kualitas UMKM Di Kelurahan Joglo Erni Widajanti; Sumaryanto Sumaryanto
COMVICE: Journal Of Community Service Vol. 6 No. 1 (2022): April (2022)
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26533/comvice.v6i1.919

Abstract

Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (PKM) yang dilakukan tim penulis bertujuan untuk meningkatkan kapasitas UMKM agar memiliki performa yang lebih baik. Sasaran kegiatan ini adalah para pelaku UMKM kalurahan Joglo Kecamatan Banjarsari, Kotamadya Surakarta. Masalah yang dihadapi para pemilik UMKM adalah: 1) terbatasnya modal, 2) Ketersediaan pasokan bahan baku , 3) Keterbatassan wilayah pemasaran. Maka berangkat dari permasalahan tersebut, kegiatan PKM ini difokuskan pada pemecahan masalah terkait manajemen produksi dan manajemen pemasaran. Kegiatan PKM ini dilakukan melalui metode pelatihan penghitungan pengelolaan persediaan antara lain: 1) waktu dan jumlah bahan baku yang harus dibeli, 2) penghitungan jumlah produk (kombinasi produk) yang harus dihasilkan dan dijual agar memperoleh laba maksimal. Selain itu, tim pelaksana juga memberikan pelatihan metode pemasaran digital agar volume penjualan meningkat dan dapat mencapai laba maksimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 5